Minggu, 13 Desember 2009

BELIMBING TULUNGAGUNG

Tulungagung, kabupaten yang terletak di selatan pulau jawa ini banyak mengandung potensi alam, membuat kota yang berhadapan dengan samudra hindia ini selalu memberikan berbagai keunikan. Salah satu kekayaan alam yang mulai berkembang di Tulungagung adalah budidaya buah belimbing. Awalnya belimbing di Tulungagung di budidayakan oleh orang-orang didesa cluwok, Bono, kec Boyolangu. Namun kini telah merembet kedesa sekitarnya.Didesa waung contohnya sekarang banyak di jumpai tanaman belimbing di sekitar rumah penduduk Ke khas an buah belimbing Tulungagung adalah Rasa yang manis dan buahnya yang tidak mudah rusak ataupun busuk. Buah belimbing khas Tulungagung ini mulai di minati oleh berbagai kalangan. Belimbing khas Tulungagung ini mulai menyebar di berbagai daerah. Dari kota di sekitar Tulungagung sampai luar propinsi Jawa Timur. Bahkan sudah mencapai kota metropolitan(Jakarta). Bali pun tak luput dari pemasaran buah belimbing Tulungagung.. Masyarakat Tulungagung yang mayoritas sebagai petani tak sulit membudidayakan buah belimbing, karena cukup mudah. Ada berbagai jenis buah belimbing yang dibudidayakan di Tulungagung, seperti belimbing local,philipin, sampai yang kini lagi tenar belimbing Bangkok merah. Kini banyak masyarakat di Tulungagung membudidayakan belimbing Bangkok merah, yang man buahnya besar dan berwarna kemerahan. Ini cukup menarik minat pecinta buah., karma warnanya ynag kemerahan.
Kini petani dihadapkan pada berbagai kesulitan, di antaranya sulitnya mendapatkan pupuk, modal untuk pengembangan buah belimbing sampai harga yang tak menentu. Petani belimbing di Tulungagung hanya berharap ketika panen tiba belimbing harganya tak lagi turun. Biasanya harga belimbing dari petani empat ribu rupiah per kilonya,tapi ketika panen turun sampai tiga ribu.Ini membuat para petani belimbing di Tulungagung kadang gelisah. Sebenarnya pemerintahpun sudah tanggap. Pihak pemerintah Tulungagung sudah pernah membantu memberikan alat untuk pengolahan buah beliimbing menjadi keripik. Namun itu tak begitu berhasil, karma sulitnya pemasaran keripik belimbing. Kini di butuhkan sebuah kesabaran untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan para petani belimbing Tulungagung. Saya sendiri salah satu masyarakat Tulungagung ikut prihatin akan nasib masa depan petani belimbing. Kini kami dan para petani berusaha untuk memajukan dan memasyarakatkan buah belimbing ini. Berbagai cara sudah di tempuh, mulai memperkenalkan ke kota-kota lain sampai mencoba mengembangkan buah belimbing olahan untuk camilan.Kami sangat mengharapakan peran sserta dan bantuan masyarakat Indonesia untuk memperkenalakan dan mengembangkan belimbing Tulungagung.

1 komentar:

  1. Blog kamu sangat keren gan. Jika butuh motor atau membeli motor baru area Tulungagung,Kediri Dan Trenggalek. Datang ke dealer kami www.guskecil.top

    BalasHapus